Rabu, 18 November 2009

BAB I

FUNGI (JAMUR)

Jamur merupakan organisme yang mirip tumbuhan tetapi tidak memiliki klorofil. Dalam klasfikasi system tiga kingdom, jamur (fungi) dikelompokan sendiri terlepas dari kelompok Plantae (tumbuhan) karena jamur tidak dapat berfotosintesis dan dinding selnya bukan dari selulosa.
Jamur hidup tersebar dan terdapat ditanah, air vegetasi, badanhewan, makanan, di bangun, bahkan pada tubuh manusia. Jamur dapat tumbuh dan berkembang pada kelembaban dan pada suhu yang tinggi. Saat ini di Indonesia diperkirakan terdapat 4.250 sampai 12.000 jenis jamur. Dari jumlah tersebut dalam kehidupan memiliki peran masing-masing di habitatnya baik yang berkaitan langsung maupun tidak langsung bagi manusia.

A. CIRI-CIRI JAMUR
     Organisme yang termasuk dalam kelompok jamur, anggotanya mempunyai cirri-ciri umum sebagai berikut :
  1. Uniseluler (bersel satu) atau multi seluler (benang-benang halus), tubuhnya terseususn atas hifa (jalinan benang-benang halus);
  2. Eukaryotik (mempunyai membrane inti);
  3. Tidak mempunyai klorofil sehingga bersifat heterotrof, yaitu secara saproftik, parastik, dan simbiosis;
  4. Dindinh selnya tersusun atas zat kitin;
  5. Cadangan makanan tersimpan dalam bentuk glikogen danprotein;
  6. Pencernannya berlangsung secara ekstraseluler, di mana makanan sebelum diserap disederhanakan terlebih dahulu oleh enzim extraseluler yang dikeluarkan dari hifa jamur;
  7. Memiliki keturunan yang bersifat haplopid lebih singkat;
  8. Reproduksi jamur uniseluler dilakukan secara aseksual dengan membentuk spora. Jamur multiseluler secara aseksual dengan cara memutuskan benang hifa (fragmentasi), membentuk zoozpora, endospora, dan konodia. sedanghkan secara seksual melalui peleburan inti jantan dan inti betina sehingga dihasilkan spora askus atau basidium.


B. KLASFIKASI JAMUR
    Berdasarkan Cara reproduksi secara genratif, jamur dapat dibagi menjadi 4 kelas, yaitu Zygomycotina,
   Ascomycotina, Basidiomycotina, dan Deutromycotina.

1. Zygomycotina
Jamur kelompok ini namanya ZygomycotinaKaren dalam reproduksi generatifnya menghasilkan zigot di dalamzigospora. Jmaur Zygomycotina mempunyai cirri-ciri yaitu dinding selnya tersusun atas zat kitin, multiseluler, hifa tidak bersekat, mengandung inti haploid, memiliki keturunan diploid lebih sigkat,reproduksi vegetative dengan membentuk spora, reproduksi generative dengan konjugasi yang menghasilkan zigospora.

Perkembangan secara seksual terjadi karena ada 2 macam hifa, yaitu hifa (+) dan hifa (-). Keduanya bias terdapat pada satu talus atau talus yang berbeda. Anggota kelas Zygomycotina antara lain : Rhizopusoryzae, Rhizopus oligosporus, Rhizopus nigricans, Mucor mucedo, Mucor javanicans, dan Clamydomucor oryzae.



2. Ascomycotina
jmur kelompok ini di sebut Ascomycotania, karena dalam reproduksi generatifnya menghasilkan askospora. Jamur ini yang termasuk kelas Ascomycotania mempunyai cirri-ciri yaitu dinding selnya tersusun atas zat kitin, uniseluler dan multiseluler, hifa bersekat, membentuk badan buah yang disebut askokrap, memiliki inti haploid, memiliki keturunan dipoloid lebih singkat, reproduksi vegetatifnya dengan membentuk konidiospora, reproduksi generatifnya dengan konjugasi yang menghasilkan askospora. Spesies-spesies anggota kelas Ascomycotina ialah sebagai berikut :

a. Sacchormyces cerviciae, jamur unisel yang dapat membelah diri, dapt memfermentasikan gula menjadi alcohol sehingga sering digunakan untuk membuat tape maupun roti.


b. Saccharomyces ellipsoids, Saccharomyces tuac, Penicillium notatum, Penecillium chrysogenum, Penecillium camemberti, Penecillium requeforti, Aspergillus wentii, Aspergellus flavus, dan Aspergillus roti.


3. Basidiomycotina
Jamur kelompok ini disebut Basidiomycotina karena dalam reproduksi generatifnya menghasilkan basidiofora. Jamur yang termasuk kelas Basidiomycotina mempunyai cirri-ciri yaitu dinding selnya tersusun atus zat kitin,multiseluler, hifa bersekat, dibedakan hifa primer (berinti satu) dan sekunder (berinti dua), mengandung inti haploid, memiliki keturunan diploid lebih singkat, membentuk badan buah yang disebut basidikrop, reproduksi vegetative dengan membentuk kondiospora, reproduksi generative dengan menghasilkan basidopora.
Spesies-spesies anggota dari kelas Basidiomycotina antara lain sebagai berikut : Volvoriella volvace (jamur merang), Auricularia polytricha (jamur kuping), Pleurotus (jamur tiram), Amanita phalloides, Amanita Verna, Amanita muscarnia, Amanita caesarnia, Puccinia graminus (jamur api).


4. Deutromycotina
Jamur kelompok ini disebut jamur imperfecti (jamur tidak sempurna) atau deuteromycotina karena belum diketahui cara perkembang biakan seksualnya. Jamur yang termasuk kelas Deuteromycotina mempunyai cirri-ciri yaitu dinding selnya tersusun atas zat kitin, multiseluler, hifa bersekat, dibedakan tipe hifa Primer (berinti satu) dan sekunder (berinti dua), mengandung inti haploid, Memiliki keturunan diploid lebih singkat, dan reproduksi vegetative dengan membentuk konidiospora.
contoh spesies dari kelas Deuteromycotina antara lain sebagai berikut :
  • Microsporium audoini, Trichophyton, dan Epidermophyton penyebab penyakit kurap dan panu.
  • Epidermophyton floocosum penyebab penyakit kaki atlet.
  • Scelothium rolfsii penyebab penyakit busuk pada tanaman.
  • Helmintorosporium oryzae perusak kecambah dan buah.

C. HUBUNGAN SIMBOTIK JAMUR
Jamur dapat hidup bersimbiosis dengan ganggang membentuk liken (lichens) dan dengan akar tumbuhan tingkat tinggi mem,bentuk mikorhiza.

1. Liken (Lichenses)
Liken merupakan organisme hasil simbiosis anatar jamur Ascomycotina atau Basidiomycotina dengan ganggang hijau atang ganggang biru-hijau. Bentuk simbiosis tersebut memungkinkan jamur memperoleh makanan dari hasil fotosintesis ganggang, sedangkan ganggang memperoleh air dan mineral dari jamur.
Reproduksi liken tidak dapat dilakukan secara seksual (generative). Liken hanya bereproduksi secara aseksual (Vegetatif) melaui fragmentasi. Pada proses reproduksi tersebut liken melepas fragmen-fragmen kecil yang disebut soredia. Soredia adalh unit reproduksi berupa sel ganggang yang terbungkus dengan hifa jamur. Selanjutnya, soredia (tunggal=soredium) tersebut tersebar dan dapat tumbuh membentuk talus yang baru pada tempat yang sesuai.
Beberapa contoh liken adalah sebagai berikut :
  • Parmelia, hidupnya menempel pada batang pohon, dan berwarna abu-abu.
  • Graphis, hidupnya menempel pada batang-batang pohon, berbentuk seperti coretan garis kecil-kecil.
  • Usnea dasifoga (lumut janggut), bentuknya mirip tumbuhan tingkat tinggi dan banyak ditemukan pada pohon di daerah pegunungan. jenis ini dapat digunakan sebagai bahan obat-obatan.

2. Mikorhiza
Banyak kehidupan jamur yang memiliki hubungan simbotik dengan akar tumbuhan. Bentuk hubungan simbiotik antara jamur dengan akar tumbuhan tingkat itnggi biasanya disebut mikorhiza. Adapun kelompok jamur yang sering bersimbiosis dengan akar tumbuhan biasanya berasal dari divisi Zygomycotina, Ascomycotina, dan Basdiomycotina.
Secara umum, mikorhiza dapat dibedakan atas endomikorhiza dan ektonikorhiza. Penamaan demikian dibuat berdasarkan posisi jamur pada akar tumbuhan.


a. Endomikorhiza
Pada endomikorhiza, hifa jamur dapat menembus akar samapai kebagian korteks. Misalnya yang terjadi pada tanaman anggrek, sayuran (kol), dan pada berbagai jenis tumbuhan tingkat itnggi. Jamur pada endomikorhiza ini tidak memiliki inang khusus dan dapat hidup sendiri tanpa bersimbiosis.

b. Ektomikorhiza
Pada ektomikorhiza, hifa jamur tidak sampai menembus kedalam korteks akar, tetapi hanya sampai pada bagian epidermis akar tumbuhan. Dengan adanya ektomikorhiza, akar tumbuhan tidak begitu memerlukan bulu akar. Tumbuhan tersebut dapat memperoleh air dan unsure-unsur hara dari tanah dalm jumlah yang lebih banyak. Jamur yang bersimbiosis dengan akar tumbuhan (ektomikorhiza) biasanya memiliki tubuh sepert paying atau bulat. Misalnya yang terdapat pada tumbuhan pinus di hutan.

D. PERANAN JAMUR DALAM KEHIDUPAN

Jamur sangat berperan dalam kehidupan manusia. Sebagian jenis jamur ada yang dapat dimakan sebagai sumber protein, lemak, dan glikogen. Beberapa jenis lainnya dapat dimanfaatkan dalam industry makanan dan minuman dengan melalui proses fermentasi. Di dalam ekosistem, jamur sangat berguna sebagai organisme decomposer (pengurai). jamur bersama bakteri berperan dalam menguraikan sampah organic hingga menjadi bentuk sederhana. Namun, beberapa jenis jamur ada yang dapat menyebabkan penyakit, baik pada tumbuhan, hewan, maupun manusia. Akibat serangan jamur, tidak sedikit kerugian yang ditimbulkannya terhadap hasil pertanian. Lengkapilah table mengenai peranan yang menguntungkan dan merugikan dari jamur berikut ini.

Peranan jamur dalam kehidupan :
a. Menguntungkan :
 Bidang industri makanan dan minuman :
  • Rhizopus oryzae, jamur pada tempe
  • Saccharomyces cerevisiae, pada tape, alkhohol dan roti
  • Saccharomyces ovale, pada tape, alkohol dan roti.
  • Saccharomyces sake, jamur pada sake
  • Aspergillus wentii, pada pembuatan kecap
  • Aspergillus oryzae, untuk tape
  • Penicellium camemberti, untuk peembuatan keju
  • Penicellium roqueforti, untuk pembuatan keju
  • Volvariela volvacea, jamur merang.
 Bidang kedokteran :
  • Penicellium notatum, untuk antibiotik
  • Penicellium chrysogenum, untuk antibiotik
 Bidang pertanian :
  • Jamur membantu mengembalikan kesuburan tanah , sebagai organisme pengurai.

b. Merugikan :
• Pada manusia : Aspergillus nidulans, Aspergillus niger. Keduanya menyebabkan penyakit pada telinga (otomikosis).
  • Deuteromycetes, menyebabkan penyakit kulit (dermatomikosis).
• Pada hewan : Aspergillus fumigatus, menyebabkan penyakit paru-paru burung (aspergilosis).
• Pada tanaman : Phytophthora infestan, penyakit pada kentang.
  • Phytophthora nicotianae, penyakit pada tembakau.
  • Phytophthora faberi, penyakit pada karet.
• Jamur penghasil racun :
  • Aspergillus flavus, penghasil racun oflaktoksin.
  • Amanita phaloides, penghasil racun falin, yang dapat merusak sel darah merah.

5 komentar:

Anonim mengatakan...

makasih atas infonya. :)
rida.

Abdee mengatakan...

Wuih... Anak IPA bgt...
Mau lanjut dimana emank..???

uthy mengatakan...

assl'alkumm..mksih buat ilmux..
oyaw bagus bwgeddd ini lgux..btw ni judulx apa???!!!!!!
thankz b4.

Muhammad Zaki Blogger mengatakan...

@ all makasih ya atas kunjungannya maff komentnya baru pada di balas... soalnya jarang buka blog... tp mulai sekarang ini muzadration.blogspot.com akan mencoba update terus info info nya seputar pelajaran.... mudah-mudah pada bermanfaat ya....amien

Muhammad Zaki Blogger mengatakan...

@ uthy waalikum salam...ra sama-sama.....

lagunya berjudul sebiru hari ini dari edcustic

Posting Komentar