Jumat, 09 April 2010

ADAPTASI

Adaptasi itu berasal dari kata ( Adaptare = menyesuaikan kepada, mencocokan diri) suatu peruses penyesusain diri suatu oraganisme terhadap lingkungannya, mencakup tiga jenis, yaitu :

1. Adptasi Morfologi
Ialah suatu jenis adaptasi yang menyangkut perubahan bentuk struktur tubuhnya disesuaikan dengan lingkungan hidupnya. Misalnya : Ikan bergerak dengan sirip, karena alat gerak yang cocok untuk hidup di perairan adalah sirip, sedankan hewan yang hidup di darat bergerak dengan kaki-kakinya. Pada golongan tumbuhan yang hidup di rwa pantai, memiliki buah/biji yang sudah berakar sebelum jatuh ke Lumpur pantai agar dapat terus tumbuh di lingkungan tersebut, seperti golongan Rizhopohora (tumbuhan Paku).



2. Adptasi Perilaku
Merupakan suatu jenis penyesusain diri pada makhluk hidup yang ditunjukan oleh oleh perilaku yang disebabkan oleh factor lingkungan. Contohnya, perubahanm warna tubuh bunglon terhadapa wrana lingkungan dimana ia berada, bunglon berwarna hijau jika berada di daun-daun, dan ia berwarna hitam keabu-abuan jika berada di tanah. Contoh lainya, lumba-lumba memiliki kebiasaan meloncat-loncat diatas permukaan air untuk menghirup udara, karena ia berneapas mnenggunakan paru-paru.

3. Adptasi Fisiologis
Suatu jenis adaptasi menyangkut perubahan kerja faal oragan tubuh disesuaikan dengan lingkungan hidupnya. Misalnya, golongan Amphibia semasa loarva hidup diar bernapas dengan insang, sedangkan setelah dewasa hidup di darat bernapas dengan paru-paru. Paru- paru mengandung atau terdiri dari jutaan gelembung udara (alveoli), guna menampung oksigen yang dihisap dari udara luar lewat saluran pernapasan. Alveoli yang berselaput tipis ini mengandung kapiler darah sehingga memudahkan difusi oksigen kedalam kapiler darah, lalu oksigen diikat oleh hemoglobin (HB) darah.
Hb + H2O >>HbO2 untuk diangkat keseluruh jaringan yang hidup.

Pada tanaman eceng gondok memiliki tangkai daun yang menggelembung berisi rongga udara untuk melancarkan penguapan di samping sebagai alat mengapung di air.

0 komentar:

Posting Komentar